Sabtu, 01 Juni 2019

Assalamualaikum…
Sampurasun…

Wah sudah hari ke 27, sudah terasa aroma – aroma khas menjelang lebaran. apalagi hari ini tema di challange BPN adalah jajanan khas lebaran. Hmm…rasanya sudah terbayang – bayang mau jajan apa lebaran nanti.
Hari lebaran memang memiliki makanan berat khas tersendiri seperti ketupat, opor, sambal goreng ati dll, tapi bukan berarti jajanan khas lebaran tidak menggoda selera. Justru jajanan khas lebaran juga banyak dicari khususnya bagi para pemudik yang ingin berwisata kuliner dan nostalgia dengan makanan khas daerah yang jarang ditemui di daerah lain.

Wisata kuliner jajanan lebaran khas daerah

Bagi para pemudik yang tinggal di luar kota, momen lebaran biasanya jadi momen untuk mencoba aneka jajanan yang sudah lama dicicipi. terlebih kalau jajanan tradisional yang mungkin sulit ditemukan ditempat lain. Jajanan tradisional memang ada di setiap daerah dan menjadi ciri khas masing – masing . Untuk daerah Garut, jajanan yang selalu identik dengan daerah ini adalah dodol yang manis semanis senyum dia. Padahal selain itu, masih banyak jajanan lain dengan cita rasa yang tidak kalah menggoda. Dilansir dari akun instagram @jajanangarut, inilah 5 jajanan yang patut dicoba saat kamu mudik ke Garut.

  1. Dorokdok 
 Dorokdok merupakan bahasa sunda dari kerupuk kulit. Umumnya dorodok memiliki rasa asin gurih tapi sekarang sudah berinovasi dengan memiliki varian rasa pedas, Mencari dorokdok di Garut tidaklah sulit karena biasanya selalu ada di tempat penjualan oleh - oleh atau terminal. Harganya juga tergolong murah meriah. Sedikit cerita tentang nama Dorokdok, konon karena ketika dimakan menimbulkan suara dorok dok dorok dok. Ga percaya? coba buktikan ya. :)

2. Gurandil

Dalam bahasa sunda ada satu kata yang sulit untuk dicari pandanan bahasa Indonesianya yaitu ngagurandil, kalau ada yang tau tolong kasih tau dikomen ya. Btw kata gurandil sendiri merupakan makanan khas jawa barat yang masih banyak di temui di daerah. makanan ini memiliki tekstur kenyal seperti cimol dalam versi manis. Gurandil selalu memiliki toping parutan kelapa.Dan warnanya bisa warna - warni tergantung selera.

3. Kremes



Kremes ini terbuat dari ubi jalar dan gula merah. cita rasanya manis dan ada khas kriuk dari kremesnya. Dulu makanan ini sering ditemukan di toko - toko kue, sayangnya saat ini sudah jarang yang menjualnya.

4. Koya
Adakah yang pernah mencicipi makanan ini? jajanan ini sempat ngtrend pada jaman 90an. terbuat dari tepung ketan yang memiliki rasa sangat manis. keunikan dari kue ini adalah rasa lumer saat di dalam mulut. 

 5. NOGA


Dilihat dari rupanya, adakah yang bisa menebak bahan baku jajanan ini? 100 bagi kamu yang bisa menjawab kacang dan gula merah. seperti jajanan lainnya cita rasa dari kue ini terasa manis dan kriuk. untuk beberapa orang gemar mengkonsumsi makanan ini sebagai perngganti permen.

6. Burayot

Burayot terbuat dari berbagai bahan seperti gula merah, minyak kelapa, kacang merah dan beras merah. Sebenarnya ada beberapa jajanan lain yang memiliki kemiripan rasa dan warna seperti ali agrem dan kue cucur. Yang khas dari burayot adalah bentuknya yang dalam bahasa sunda dikenal dengan istilah ngaburayot. 



Sebenarnya masih ada banyak lagi jajanan tradisional khas garut, namun sayangnya keberadaan kue - kue in semakin jarang ditemui di toko kue. biasanya para orangtua membuat sendiri untuk hari khusus seperti lebaran atau peringatan acara tertentu. Semoga makanan - makanan ini tidak akan punah meskipun saat ini sudah banyak jajanan kekinian. 

abcdevia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates