Sabtu, 11 Mei 2019

BELANJA.
Sebuah kegiatan yang disenangi oleh hampir semua orang khususnya kaum hawa. Belanja terbukti dapat membuat mood menjadi happy. Terlebih pada saat sekarang ini, kegiatan belanja bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah, cukup dengan duduk manis dan membuka aplikasi di gawai dalam beberapa klik saja.
Kemudahan berbelanja tersebut tentu memiliki banyak sisi positinya, namun tentu saja menjadi tantangan tersendiri. Terlebih bagi para Ibu rumah tangga yang memegang anggaran belanja rumah tangga. bisa – bisa kebablasan belanja karena tergiur dengan promo belanja dari berbagai marketplace. tanpa sadar saldo di rekening menipis dan muncul sesal kemudian.

Supaya Belanja online tidak jadi malapetaka online, sebelum bertransaksi silahkan baca tips berikut ini .

1. Need Vs Wants

Sebelum memutuskan untuk checkout dan transfer, tanyakan ke diri sendiri apakah ini kebutuhan atau sekedar keinginan?. kalau segala keinginan harus di turuti maka tidak akan ada habisnya. karna esok lusa rasa yang pernah ada ingin membeli barang baru akan muncul lagi. Sebagai insan dewasa, sudah sebaiknya kita memahami bahwa tidak semua keinginan harus dituruti ya kan. jangan sampai barang yang sudah dibeli hanya jadi penghuni lemari atau malah tempat sampah, karena semurah apapun barang yg dibeli kemudian jadi mubazir tetap saja dananya lebih baik di alokasikan ke anggaran kebutuhan yang lebih penting.

2. Survei harga di beberapa tempat

Buat sebagian perempuan dapat harga termurah adalah kebahagiaan sendiri. Jika di belanja offline kita rela muter – muter mall untuk nyari perbedaan harga barang terendah padahal beda harganya ga jauh  amat. maka kalau belanja online  muter – muter di toko online.
lumayan banget lha apalagi kalau salah satu tempat nawarin free ongkir.
untuk memudahkan mencari perbandingan harga termurah, teman – teman bisa menggunakan fitur belanja di google. di fitur tersebut nanti akan muncul list harga termurah dari semua marketplace loh genks.

3. Tunggu waktu terbaik

Pengalaman pribadi aku, saat beli sepatu di sebuah market place eh besoknya barang yang sama di toko yang sama ada promo dengan harga yang lumayan. huhuhu. Jadi ada baiknnya sebelum checkout, lebih aware sama notifikasi dan banner pemberitahuan promo.
Selain itu,  waktu terbaik untuk belanja adalah saat marketplace sedang melakukan promo besar – besaran. biasanya dalam setahun ada beberapa event besar seperti saat natal dan akhir tahun. menjelang lebaran, hari ulang tahun marketplace dan flash sale. untuk tau promo besar bisa mendaftar mailing list atau newletter setiap marketplace jadi kamu engga ketinggalan promo.

4. Cek rating dan testimoni pembeli

Jangan mentang – mentang ada diskon 90% lalu langsung kalap untuk checkout. Ingat untuk selalu waspada dan teliti membaca deskripsi produk dan testimoni pembeli. Setiap marketplace memiliki fitur bintang untuk toko. dari rating tersebut bisa terlihat apakah toko tersebut amanah dan barangnya sesuai dengan deskripsi.

5. Berdoa

Iya, berdoa sesuai dengan kepercayaan masing2. Semoga barang dibeli bisa benar – benar bermanfaat dan mendatangkan keberkahan.
Yang perlu di perhatikan bahwa bagaimanapun belanja online memiliki resiko yang ditanggung oleh buyer seperti  kemungkinan barang tidak sesuai harapan, ada kendala dalam pengiriman, barang pecah diperjalanan atau bahkan barang tidak sampai. Meskipun begitu untuk aku pribadi belanja online tetap menjadi pilihan utama dibanding belanja offline.


abcdevia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates