Selasa, 07 Mei 2019




Halo Readers
Ramadan sudah berjalan beberapa hari. Entah kenapa ya kalau saat bulan puasa waktu terasa cepat berlalu. apalagi kalau lagi libur panjang kek gini.
Meskipun masih minggu awal bulan ramadan, bagi teman – teman yang berencana mudik engga ada salahnya untuk mempersiapkan segala – sesuatunya serapi mungkin dari sekarang. Agar make sure ga ada perintilan yang kelupaan bisa pakai cara bikin check list barang untuk mudik seperti gambar di bawah ini.



Btw adakah teman – teman yang berencana mudik lewat jalur selatan jawa barat? kalau ada , dari sekarang aku kirimkan doa semoga ga terjebak macet di kawasan itu terutama daerah pabrik K#hatek sampai Nagreg, atau kalaupun macet ga parah – parah banget lah ya. hehe.
Kenapa aku berdoa gitu , soalnya jalur Cileunyi sampai Limbangan Garut sudah jadi rute langganan secara itu jalur dari rumah ke tempat kerja pp (untungknya cuma seminggu dua kali, salut aku ke pada  pekerja yang tiap hari lewat jalur itu). Dan sepanjang aku kerja cukup sering kejebak macet dengan level bervariasi. Dari yang ringan sampai yang level ngajak gelut wkwk.  Tapi mudah – mudahan musim mudik sekarang,  jalur ini bisa lancar jaya dan lebih ramah pada pengendara. Aamiin.
Kembali lagi nih ngobrolin mudik, kalau saya pribadi sedang mudik paling senang mencoba kuliner di tempat baru yang ditemui saat perjalanan, apalagi kalau mudiknya setaun sekali ya kan. Pengalaman nyoba kuliner di tempat baru sayang untuk dilewatkan.
Tapi pernah juga sih beberapa kali nyoba tempat makan yang kurang sesuai ekspektasi baik dari rasa, harga atau pelayanannya. Apalagi kalau bulan puasa, salah pilih tempat buka puasa itu rasanya jd double ngenes ga sih.
Nah buat teman – teman yang berencana mudik melalui jalur selatan Jawa Barat (cileunyi-nagreg-limbangan) boleh baca dulu nih referensi tempat makan favorit yang insyaallah ga mengecewakan.
note : sayangnya kalo aku dan suami lagi makan tuh jarang banget foto2 di tempat makan, maklum  pulang kerja keburu lafarrr dan memang ga kepikiran aja. kalaupun foto ya alakadarnya ga intagramable banget. jadi maaf ya kalau foto2 keterangan nyomot dari berbagai sumber.
langsung aja cus simak reviewnya

1. Ayam Penyet Surabaya Cipacing

Meskipun alamatnya secara administratif masuk ke wilayah jatinangor kab sumedang tapi lokasinya tidak jauh dari perempatan tol Cileunyi. Jika dari arah Bandung ada di sisi kiri jalan  sebelum SPBU.

Sumber  Foto : FB Pages Ayam penyet Surabaya

Tempat makan ini sudah jadi langganan aku dari awal lauching yang harganya belasan ribu perpaket sampe sekrang yang harganya merangkak naik manis manja, huhu. Menu langganan paket ayam goreng yang sudah termasuk nasi + terong+tempe orek+tahu goreng+ sambal dan juga menu tumis kangkung . Tapi yang paling juara tuh sambel bawangnya yang pedes gurih bikin nagih. Curiga itu sambel pake zat adiktif wkwk. oh ya selain paket ayam pilihan lauk lainnya masih ada  yang lain meski ga terlalu banyak.

2. Rumah makan Ampera

Bagi warga Jawa Barat terutama di daerah Bandung dan sekitarnya mungkin udah ga asing sama rumah makan ini karena cabangnya ada di mana – mana. Di jalur cileunyi, nagreg, limbangan aja ada 4 cabang. Tiga diantaranya sudah aku coba, yang paling aku suka yaitu cabang Paramount alias Parakan Muncang dekat jln ByPass Cicalengka. Cabang ini tergolong baru dibuka, sebelumnya di tempat ini rumah makan juga dan terlihat sepi sepi aja tapi begitu diambil alih oleh warnas Ampera terlihar rame terus loh gaes.


Sumber Foto : FB Pages
Ciri khas dari tempat ini adalah konsep parasmanan seperti saat makan di undangan / hajatan.   Menunya rata – rata sama dengan cabang Ampera lain yang sunda banget. Setelah menu dipilih kemudian bisa minta dipanaskan dan jangan lupa dibayar dulu ke kasir. kemudian makanan akan diantarkan ke meja pengunjung.
kalau kesini coba ayam kampung bakarnya dan pepes ayam atau gepuknya atau  sate paru atau semuanya aja disebutin ini mah.

3. Nasi Liwet Asep Strawberry  - Ciaro Nagreg

Nyari tempat makan yang instagramable dan hits banget?
pilihannya ada di Nasi Liwet Asep Starwberry . Seperti warung nasi ampera, Asstro juga memiliki banyak cabang. Setiap cabang punya kekhasan sendiri dan disedikan beberapa spot yang untuk foto – foto.  Pokoknya niat banget untuk memanjakan pelanggan sembari menunggu datangnya makanan.
sumber foto : https://asepstroberi.co.id/


4.  Rumah Makan Sambal Cibiuk– Limbangan
Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa ciri khas dari restoran ini adalah sambal cibiuknya. Tapi engga cuma sambal yang disajikan dengan ayam/ikan goreng/bakar. Menu restoran ini sudah semakin variatif . Kalau bosen dengan ayam goreng atau ayam bakar biasa, cobain nih menu ayam bakar bambu yang dihidangnya dengan selongsong bambunya.


Untuk lokasinya juara banget, pada saat tulisan ini dibuat rumah makan cibiuk baru rampung melakukan renovasi besar – besaran yang bikin pangling karena beda banget dari terakhir kali aku kesana sekitar tahun lalu. sekarang tuh selain lebih luas, tempat makannya terdiri dari beberapa ‘wilayah’. yang paling unik itu area makan lesehan yang dideasin seolah – olah sedang naik perahu diatas kolam. dan lesehan yang berada sejajar dengan kolam ikan jadi bisa melihat ikan berenang dari pembatas kaca.


Baiklah itu dia 4 tempat makan favorit untuk buka puasa di sepanjang jalur mudik selatan jawa barat. Semoga Bermanfaat ya.

abcdevia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates