Senin, 06 Mei 2019




Kenapa ya sudah puasa sebulan, makan berat berkurang dari 3 kali jadi 2 kali sehari, engga banyak ngemil, engga ngopi tapi berat badan masih susah turun bahkan malah naik?
Adakah yang lebaran tahun lalu membatin seperti itu? kalau ada, berarti kita sama, hahaha.
Jadi berdasarkan pengalaman pribadi tahun lalu  ternyata berpuasa sebulan tidak menjamin untuk turun berat badan. Secara logika jumlah kalori yang masuk saat bulan puasa seharusnya bisa lebih sedikit dibanding dengan bulan lainnya. Tapi kenapa BB dan lemak masih betah tak mau beranjak pergi?. salah satu penyebab yang paling bertanggung jawab adalah kacaunya pola makan.
Berbicara pola makan, di internet banyak sekali bertebaran tips diet saat bulan puasa. Diantara ratusan tips itu saya prefer ke influencer yang bisa mempertanggungjawabkan apa yang diucapkannya. maksudnya memang berdasarkan ilmu gizi dan bukan diet ekstrem yang bikin menderita kini dan nanti.
Salah satu influencer atau youtuber yang saya suka diantaranya channelnya Yulia Baltschun. kalau mau tau profilnya lebih lengkap bisa langsung mampur aja ke channelnya ya. saat ini saya mau bahas tips yang saya ambil  dari salah satu videonya. 
Oke, Mari kita mulai…

Step 1 : Cara Minum

Saat memasuki waktu berbuka, pertama – tama minumlah air putih 250 ml-500 ml. harus air putih ya bukan air yang pakai gula, isotonik atau bercafein.

Step 2 : Bantu Proses Kerja Lambung

Maksudnya adalah konsumsi air yang dapat menstabilkan asam lambung dengan minum air cuka apel atau air lemon (campur dengan air putih).

Step 3 : Enzim Booster

Jika step 2 untuk menstabulkan asalam lambung, step selanjutnya adalah membantu kerja asam lambung agar lebih optimal dengan cara makan pepaya atau nanas dan buah lain untuk mineral dan vitamin. makan buah sebelum makan utama dengan jumlah secukupnya saja. jangan sampai kekenyangan . usahakan kombinasikan buah – buahan dengan 3 warna yang berbeda.

Step 4 : Bantu Kerja Usus

konsumsi probiotik contohnya kombucha, kimchi, yogurt, tauco dll mostly makan fermentasi  dan prebiotik contohnya apel, kol, rumput laut, kacang – kacangan, nasi merah dll

Step 5 : Piring Makanan

Setiap kali makan ingatlah untuk selalu memasukan unsur protein  dengan ukuran 2x telapak tangan dan karbohidrat kompleks (nasi merah, ubi dll)

Step 6 : Hormon Stabilitas

konsumsi atau tambahkan lemak baik dari minyak – minyakan (VCO atau Fish oil)

Step 7 : Takjil / makanan manis

Bebas boleh makanan manis apa saja asalkan makan di akhir setelah step 1- step 6.

step 8 cleansing booster

minum smoothies jamu . bahan – bahannya adalah semangka, kunyit, lidah buaya, seledri dan buah – buahan apa saja. belnder seperti membuat jus atau smoothies seperti biasa.
Gimana tertarik mencoba?
Semoga berhasil menjalankan ibadah puasa dengan optimal dan dengan bonus langsing dan sehat.

abcdevia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates