Selasa, 14 November 2017

hari 7 kelas bunda sayang

Bismillah..
Mulai lagi mengumpulkan semangat mengumpulkan laporan yang terserak. Sungguh satu hal yang sulit dilakukan bagi saya adalah konsisten saat suasana hati sedang diuji. Baiklah, kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya di 4 hari terakhir. fighting!

Beberapa hari yang lalu ada kejadian yang cukup bikin saya panik + sedih buanget. Qya sembelit sampai susaaah banget untuk BAB. Susah yang sampai ngeden berjam2 tapi susah untuk keluar dan bikin Qya jadi ga ceria. Alhamdulillah setelah dikasih obat akhirnya permasalahan sembelit selesai.

Nah, belajar dari pengalaman itu saya sedang berusaha semaksimal mungkin agar bisa mencegah faktor2 penyebab sembelit. setelah googling, sepertinya faktor utamanya adalah kurang minum air putih. karena memang Qya tipe anak yg suka makan ga suka minum. Kalaupun mau minum hanya sekali teguk.

Jadi dua hari ini saya melakukan 'terapi' buah dan air putih. setiap sekitar setengah jam saya tawarkan Qya minum. sampai beli botol minum baru dengan harapan Qya jadi tertarik untuk minum. Saat melakukan 'terapi' itu saya mencoba menggunakan kaidah- kaidah komunikasi produktif. hasilnya alhamdulillah Qya minum lebih banyak daripada biasanya. meskipun target harian bisa habis 800ml belum tercapai.

Dan seharian ini saya harap-harap cemas supaya Qya bisa BAB (terakhir BAB hari minggu saat sedang sembelit). dan ternyata terapi air dan buah nya berhasil! yeayy...hihi memang ya setelah menjadi ibu masalah BAB aja bisa jadi kebahagiaan tersendiri. hahaha

Agak gregetan juga sih kok ya minum air putih aja susah banget. padahal ayah dan ibunya termasuk tipe yang suka minum air putih, tapi yaa inget lagi kaidah komunikasi produktif. memang perlu kesabaran untuk sebuah proses.

#day 7
#komuniaksi Produktif
#tantanganlevel 1
#kelas bunda sayang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar