Kamis, 02 November 2017

Day 1 Komunikasi Produktif Kelas Bunda Sayang


Bismillah, hari ini game level 1 di kelas Bunda sayang dimulai.  Tantangan ini bertajuk membangun komunikasi produktif (komprod) di dalam keluarga. Fokusnya bisa memilih dengan pasangan atau dengan anak. Saya memilih untuk fokus dengan anak. Alasannya selain untuk membangun komprod sedini mungkin dengan anak, saya juga ingin merekam lewat tulisan setiap perkembangan Adzqya yang luar bisaa amazing.

Ok lets begin...

Adzqya (23 Bulan), 3 November 2017

Pagi Hari
Baby Q bangun jam 6:45, langsung ingin ke lantai bawah dan ingat makanan :D.
Qya (Q) : Neng mau anggur…
Ibu (I)      masih pagi sayang, nanti ya kalau sudah sarapan
Q           : Neng Mau jagung.. (masih inget sama makanan yang kemarin sore dibeliin)
I              Jagungnya sudah abis kemarin, mau biscuit aja ga?
Q             :   Iya neng mau biscuit aja
Ketika makan biscuit,  eyang pura2 mau minta kue Qya
E : Eyang boleh ga minta kueya>
Q : boleh (sambil liatin kue yg Cuma satu)
E : mana dong kuenya
Q : ini berdua ya (sambil ngasih biscuit)

Life lesson percakapan ini, saya belajar dari bayi 23 bulan tentang kompromi dan berbagi. Alhamdulillah Qya tipe anak yg mau berbagi. Tapi adakalanya juga engga sih and its okay. Untuk usia sekarang, saya ga ingin memaksa Qya untuk berbagi kalau dia keberatan.

Masih pagi hari…
Q : Bu, neng mau kue bintang
Bingung maksudnya kue bintang apa, karena ga merasa pernah memberi tahu nama kue bintang. Ternyata dia bawa cemilan Promina yg bentuknya bintang dan berinisiatif memberi nama kue bintang.

Siang hari :

Selama ini jika Qya diminta untuk melakukan sesuatu yang engga dia suka dia akan bilang NO! sambil jari telunjuknya membentuk angka 1 ( ngopy banget gaya ibunya saat sedang melarang, lol) tapi hari ini ada ‘gaya baru’ yang dilakukan. Jadi saat saya minta gawai yang dia pegang reaksinya bilang “ Engga,engga, weee” sambil menjulurkan lidah.
Asli saya antara pengen ketawa dan terkaget2 kok bisa dia bereaksi seperti itu? Padahal selama ini ga pernah ngajarin. Diingat2 ternyata sepupu saya yg suka main barenga Qya sering berekspresi kayak gitu kalau lagi ngajak main / ngasuh (tanpa bermaksud ngajarin).  Ealah ternyata becandaan seperti itu terekam dalam memory  dan ditiru oleh Qya.
 Life lesson dari pengalaman ini jangan sampai salah ngomong dan salah gesture tubuh karena anak ga tau mana yg baik atau engga, mereka hanya mengikuti contoh dari yang dilihat. “Mungkin mereka tidak memahami perkataan kita, tapi mereka tidak pernah salah mengcopy- Materi komunikasi produktif IIP .

Sore
Setiap sore setelah selesai mandi dan makan waktunya main. Meskipun tidak setiap hari, tapi saya mengusahakan sekali bisa meluangkan waktu  untuk nemenin Qya main. Nemenin yang benar –benar nemenin tanpa disambi gadget atau nonton tv.
 Permainan sore tadi main jualan buah2an. Qya berperan sebagai pedagang buah dan saya pembelinya. Sengaja engga saya namain main belanja2an supaya ga jadi konsumtif dan entah kenapa Qya senangnya jadi pedagang, mungkin karena keturunan dari ibunya yang otak bisnis,hahaha.
Jadi saat ‘transaksi jual beli’ saya request mau beli buah apa dan Qya ngambilin buah2an yg saya sebut dari troli tempat jualan dia. Alhamdulillah pembendaharaan kosakata buah dan sayur  Qya semakin bertambah.  Hampir semua buah2an yg ditunjuk bisa disebutkan namanya dengan tepat. Yang lucu itu kalau ada buah yang dia ga tau maka dia akan bergaya mikir sambil bilang “hmmm apa ya?” Asliii Gemesin banget.
Setelah bosen main jual2an kita berdua main petak umpet.
Catetan saya ada perkembangan banget dr beberapa minggu lalu qya belum ngerti nyumput /bersembunyi. Biasanya dia cuma nyari saya. Sekarang Qya udah ngerti ‘teknis’ main petak umpet itu harus giliran. Jadi  kalau saya bersembunyi dia akan nyari sambil ngomong “ibu jangan nyumput ibu, ibunya dimana?”. Pas berhasil menemukan saya ditempat persembunyian, dia ketawa2 sambil lari2 cari empat persembunyian. Seru banget sih tadi, sambil main sambil olahraga lumayan keringetan dan yg pasti ngeliat dia ketawa lepas itu nyenengin banget.

 #day1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar