Selasa, 15 November 2016

7 Lesson learned from blog walking

Ternyata Blog keren dan profitable itu punya banyak persamaan!. Adopsi 9 hal ini, agar traffic pengunjung blog kamu ada peningkatan.


Dalam satu minggu ini, saya banyak menghabiskan waktu di depan laptop untuk blog walking. Soalnya saya punya antrian panjang daftar tunggu untuk saya follow dan BW . kok bisa? Jadi ceritanya saya iseng ngepost untuk saling follow di salah satu komunitas menulis sebut saja #KEB. Tak dianya tak diduga ternyata responya rame sekalih. Bila satu like diartikan satu orang menyimpan link maka ada lebih dari 100 link untuk BW. Ternyata bukan saya saja yang haus follower dan traffic ya, hehehe. Hidup BW!


 Saat BW, saya suka memperhatika secara detail blog  yang dikunjungi. Tidak hanya klik link dan follow, tapi saya juga senang mengamati apa sih yang buat blog ini keren dan banyak dikunjungi? Saya juga kabita atuh punya blog yang bisa menghasilkan. Hai agensi, pick me pick me!
Setelah memperhatikan, menganalisis dan menimbang  secara seksama. Ternyata Blog keren dan profitable itu punya banyak persamaan. Apakah ini sebuah kebetulan? Apakah ini sebuah Konspirasi? *apaan sih*. Yang pasti persamaan – persamaan bisa jadi acuan buat saya dan kamu agar blognya ga begitu – begitu aja.


1.       Blog mereka memiliki konsep

         
       Konsep yang dimaksud meliputi niche blog, personal branding yang dibangun hingga ke printilan tampilan blog. Semua terkonsep dan memiliki kesinambungan. Dibandingkan dengan blog gado - gado alias blognya yang bercampur - campur, blog yang memiliki konsep khusus biasanya menjadi blog rujukan tentang topik tertentu. 

2.  Tidak hanya asal posting, tetapi artikel mereka memiliki nilai informatif dan solutif.




Tidak salah kok kalau seorang blogger hanya ingin curhat melepaskan kejengkelan atau bercerita sudah ngapain saja. Terlebih bagi pembaca setia, curhatan sehari – hari tetap menarik untuk dibaca apalagi kalau pembacanya kepo. Namun untuk pengujung baru, biasanya mereka akan mengetik keyword di search engine untuk memperoleh infomrasi dan solusi. Jadi selain curcol, sisipkan juga informasi yang dibutuhkan oleh pembaca umum.

 3. Blog keren itu dibikin dengan niat dan usaha yang serius.

Selama ini saya sering ngeblog dengan usaha yang seadanya. Ketik, ketik, post. Ya namanya juga tidak menargetkan pembaca. Nah kalau blogger yang punya target pembaca, terlihat jelas mereka mau usaha dalam setiap postingan mereka. Ada usaha membangun konsep seperti di poin nomer satu, usaha untuk membuat tulisan menarik dengan adanya info grafis, research,edit gambar, edit EYD, edit penulisan, edit template, usaha promosiin link dll.

4. Mereka mau belajar dan mengikuti perkembangan trend blogging terbaru
 

Seperti halnya fashion atau kuliner yang memiliki tren berubah-ubah, blog juga punya tren tersendiri. Sekarang sepertinya sedang musim membuat judul dengan desain yang menarik ya? Dulu sih, judul ya cukup tulisan judul aja, engga pakai dibuat gambar dengan backround dan font yang unyu – unyu. Contoh lain,  beberapa tahun yang lalu tampilan blog dibuat 'serame' mungkin dengan berbagai widget yang kadang tidak perlu seperti jam , kalender bahkan ikan peliharaan  (<-- ini mah saya banget).. Kalau sekarang, sebagian besar blogger merubah gaya messy blog ke tampilan yang lebih sederhana dan terkesan clean. Ada juga trend gathering sesama blogger, penggunaan infografis yang secatchy mungkin, viral content dll

5.       Istiqomah alias Konsisten

Istiqomah dalam membangun konsep, mengupdate posting, membangun jejaring, promosi dan lain lain. Semenarik apapun tampilan blognya, dan sebagus apapun tulisannya. Kalau updatenya setahun sekali mah ya trafiknya juga wassalam aja. FYI, blog yang saya kunjungi 100% penulisnya adalah emak - emak. Secara dari nama grupnya aja Kumpulan Emak – Emak blogger. Tapi hebatnya ditengah kesibukan mengurus anak dan keluarga, mereka bisa konsisten untuk ngeblog . Saluuut…

6.       Survive


Kenapa survive? Karena blog yang keren itu merupakan hasil dari perjalanan panjang.Kalau saja, saya engga bosenan dan lenjeh ganti-ganti blog setiap putus saya bosen, saya punya  blog yang pertama kali dibuat pada tahun 2007.Hffft.
Dan tentu saja blog yang rame awalnya pun sepi juga. Jika postingan saat ini dibanjiri komen, maka coba tengok postingan awal di blognya, kemungkinan sama - sama sepi komentar kok. Bedanya mereka tetap bertahan untuk ngeblog. Meskipun butuh waktu bertahun – tahun untuk dilirik pengujung dan agensi. Kalau tidak bisa survive, mungkin blog mereka yang profitable itu tidak akan ada. 



7.       Tulisan mereka seperti bernyawa


Konon, apa yang ditukis dari hati akan sampai ke hati. Engga jarang saya ikutan nangis Bombay atau ikut gregret, marah, kesel dan merasakan persaan lainnya seperti yang penulis rasakan. Selain itu saya juga suka sekali dengan tulisan yang memberikan value ketika kita selesai membaca tulisannya. Rasanya isi tulisannya terngiang - ngiang bahkan sampai jadi inspirasi untuk tulisan baru.
.



Nah itulah 7 pelajaran yang saya peroleh selama BW  di blog – blog keren hasil Blog walking. Kalau menurut kamu, blog yang keren itu yang seperti apa sih? Sharing dicoment yuk…

7 komentar:

  1. Blog walking memang banyak manfaatnya,ya. :)
    Btw, blognya sudah saya follow ya. Yuk saling follow. Blog saya www.niaharyanto.com. :)

    BalasHapus
  2. Hahaha. Pantes blogku sepi banget. Lah aku ngeblognya angot2an banget.

    BalasHapus
  3. Pengen seperti mereka, namun kalau soal ilmu ilmu baru waduh...suka mentok dan males belajar lanjut hehe..

    BalasHapus
  4. Hihi ini toh hasil dari kemarin post di KEB haha, rajin sekali dikau :D waktu itu aku juga isi di kolom komen. Tapi, blogkku masih gado-gado belum terkonsep :) sekarang malah terlantar..

    Salam kenal ya :D

    BalasHapus
  5. Tulisan yang bernyawa emang bikin pengunjung betah berlama lama untuk membacanya sih ya mba. :)

    BalasHapus
  6. Wah kok blognya lama gak update mbak...lg sibuk ya..

    BalasHapus