Selasa, 22 November 2016

5 Pekerjaan Online Hanya Dengan Modal Kuota Internet


Setelah menikah, banyak wanita yang memutuskan untuk resign dari pekerjaannya. Namun meski sudah tidak kerja kantoran, bukan berarti mama tidak bisa memiliki penghasilan sendiri loh.
Pada era online seperti saat ini, banyak sekali pekerjaan online yang tersedia diinternet tanpa membutuhkan modal dana yang besar. Cukup dengan membeli pulsa saja. Apalagi saat ini membeli pulsa bisa dilakukan secara online. Tentunya menambah kemudahan bagi kita untuk memulai usaha.

Sekarang saya mau share pengalaman mencoba beberapa pekerjaan online. Ternyata meski tanpa modal uang tapi honornya lumayanlah untuk tambah - tambah tabungan beli pesawat pribadi *lol*


Pekerjaan online apa saja ya? Yuk capcuss..


1. Dropshipper

Pekerjaan ini tentu sudah tidak asing lagi ya mam. Siapa saja bisa menjadi bisnis woman hanya bermodal smartphone dan kuota. Untuk memulai langkah menjadi bisnis woman, mama bisa memulai dengan menjadi dropshipper. Salah satu kelebihan dropshipper dibanding reseller adalah mama tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyetok barang. 

Bagaimana cara memulainya?
Cari supplier -> promo produk-> pembeli berminat dan membayar -> uang dari pembeli digunakan untuk membeli produk di supllier. Tentu saja mama harus menaikan harga dari suplier agar ada laba.

Kisaran Pendapatan
 Meskipun sederhana tapi penghasilan dari dropshipper tidak sederhana loh. Jika kita punya strategi marketing yang tepat, laba ratusan ribu sama belasan juta bisa diraih. 

Tips ala Devia
1. Sebelum menjual barang ke orang lain, ada baiknya mama mencoba memesan dulu untuk diri sendiri. Tujuannya agar kita tau secara pasti kualitas barang selain itu kita bisa tau bagaimana cara kerja suplier, apakah amanah dan bisa diajak kerja sama
2. Gunaka marketplace yang memiliki promo untuk menarik minat pembeli.
3. Rajin Promo
Sebenarnya masih banyak, Insyaallah saya akan bahas di postingan terpisah.

2. Paid survey atau survey berbayar

Sesuai namanya pekerjaan ini cukup dengan mengisi suvvey dan kita akan dibayar. Setiap survey memakan waktu sekitar 15-25 menit tergantung kecepatan kita mengisi. Pertanyaan survey menggunakan bahasa Indonesia, jadi cara kerjanya mudah sekali.

Bagaimana cara memulai?
Cukup daftar saja di situs paid survey. Setelah mendaftar, Mama akan mendapat undangan mengisi survey ke email.

Kisaran pendapatan :
Honor  mengisi suvey bervariasi. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya memperoleh payout / bayaran pertama sekitar 3 dolar setelah mengisi 3-4 survey.

Tips ala Devia
1. Daftar di banyak situs paid survey, jangan hanya 1 atau 2 saja.
2. Pembayaran bisa berupa dollar atau voucher. Kalau saya lebih memilih pakai dollar, hitung - hitung nabung dollar meskipun recehan. Jika memilih dengan dollar maka pembayarannya via Pay Pall.
3. Diantara banyaknya situs paid survey, saya merekomendasikan Viewfruit, Survey on dan Toluna. Alasannya karena terbukti tidak scam alias benar - benar membayar.
4. setelah mendaftar, harus rajin buka email untuk cek undangan.

3. Ketik captcha

Jobdesknya hanya mengetik ulang captcha yang muncul.
Ini nih contoh captcha, cukup ketik ulang huruf dan angka yang muncul saja.

Contoh Captcha



Bagaimana cara memulai?
Daftar di situs yang mencari worker untuk ketik captcha. 

Kisaran pendapatan
Pekerjaan mudah sekali tapi harus extra sabaaaarr...karena bayarannya sekitar 0-5 - 0,7 dollar per 1000 captcha. Untuk pengetik newbie seperti saya, saya mendapat 1 dolar/ hari itupun rasanya lamaa sekali untuk bisa mencapai minimal payout. Tapi untuk yang sudah pro bisa mendapat 1 dolar/jam. Bayangkan jika satu hari bisa bekerja 8 jam x 1dolar = 8 dollar perhari. Hmm lumayan banget kan.

Tips ala devia:
1.  Rajin latihan ngetik, semakin cepat ngetik semakin besar bayarannya
2. Gabung di komunitas sesama worker. Dari grup ini sering saling share tips dan triknya plus juga saling share ss pendapatan perhari. Bikin ngiler tapi apa daya keceptan ngetik saya masih newbie.


4. Blogger

Blogger bisa jadi ladang penghasilan? Yup benar. Jika mama suka menulis, mama bisa menyalurkan hobi mama dengan ngeblog. Penghasilan blogger itu diperoleh dari mana sih? salah satu diantaranya dari tawaran agensi atau perusahaan yang membutuhkan jasa blogger untuk mempromosikan produknya. Beberapa jenis kerjasama blogger dengan perusahaan diantaranya : placement article, sponsored post, review produk, affiliate, adsense dan hadiah dari kompetisi.. 

Bagaimana cara memulai?
Secara sederhananya seperti ini : Buat sebuah blog, bisa yang gratisan atau berbayar. Isi blog dengan konten yang menarik. Saat blog kita sudah termasuk blog yang 'rame', tawaran akan datang dengan sendirinya.


Tips ala Devia
- Ikut komunitas. Dari komunitas, saya belajar banyak ilmu dan info baru tentang dunia blogging. Selain itu, dengan melihat 'keberhasilan' blogger lain juga akan menambah motivasi untuk konsisten ngeblog.

tips lainnya bisa dibaca di post ini

Kisaran pendaftaran
Biasanya blogger memiliki rate card masing - masing. Yang perlu digarisbawahi, penghasilan dari blog tidak bisa instan hari ini buat blog besok payout. Bahkan bagi saya pribadi penghasilan dari blog merupakan bonus. Seperti sebuah hobi yang dibayar.

5. Jual Beli Artikel

Poin ini ada persamaan dengan blogger, yaitu sama - sama menulis artikel. Bedanya tulisan mama harus diberikan ' hakciptanya' kepada pembeli artikel.  

Bagaimana cara memulai?
Salah satu caranya daftar disitus freelance, browse project dengan kategori writing, setelah ketemu projectnya baca deskripsi pekerjaannya dengan teliti. jika setuju silahkan bidding.

Kisaran pendapatan
Bagi yang suka menulis pekerjaan ini cocok banget karena pembayaran yang relatif pasti dan cepat. Namun harus iklas dengan harganya ya. Sependek yang saya tau, pihak pembeli mengajukan harga sekitar 12.000/ Artikel. Tapi ada juga kok yang menghargai tulisan lebih dari itu.


BONUS...

6. Selebgram / influencer

Konon seorang Ayu Ting - Ting memiliki rate puluhan juta periklan. Demikian juga dengan selebgram Ria Ricis dan Karin Novilda yang memiliki tarif tinggi untuk 1 kali foto. Bisa dibayangkhn berapa uang yang bisa masuk dalam rekening. 
Eh tapi tidak perlu menjadi artis seterkenal ATT atau sekontoversi awkarin koq untuk menarik olshop. Meskipun tidak pernah muncul di tv tapi tawaran endorse bisa tetap datang lho. Namun tentu saja jumlah follower menjadi faktor yang sangat berpengaruh. Untuk itu mari kita saling follow IG dan blog ini untuk menambah nilai bargaining kita. Semakin banyak teman banyak rezeki. Jadi sok cus follow dulu ig @_abcdevia_ , guarantee follback untuk pembaca blog abcdevia. promosi garis kerasss...hihi.





5 komentar:

  1. Wah... saya baru tahu yang paid survey sama ketik captcha Mbak. Makasih infonya, salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Yang no 4 paling prospek, tetapi harus tekun dan sabar. Kalau tidak, yng no 1 bisa jadi pilihan tetapi harus hati-hati nyari vendor. Gimana mbak, setuju ?

    BalasHapus
  3. Ide yang menarik mbak, terutama yang no 1, peluang berkembangnya cukup baik asal konsisten dan dilakukan dengan benar danhati-hati. Sementara yg lainnya nampaknya ada yang cuma buat iseng-iseng saja dan ada juga yng memang butuh waktu yang lumayan lama utk berhasil

    BalasHapus
  4. saya nulis masih sebagai iseng sih, walaupun ada juga yang nitip promosi, trims infonya, jadi tau nih selain hanya bekerja kantoran saja.

    BalasHapus
  5. Makasii infonya, mbak. Saya juga mutusin resign setelah nikah, hehe. Cari duit ganti via online. Kebanyakan jd dropshipper, cari barang harga termurah di priceza.co.id lumayan sih, asal sabar ntar duitnya juga bakal numpuk

    BalasHapus